Yuk, Diet Plastik dengan Bawa 6 Barang Ini Saat Traveling!

Tak bisa dimungkiri kalau kebutuhan akan plastik adalah hal yang sulit dihindarkan, apalagi ketika sedang melakukan perjalanan ke tempat-tempat baru. Padahal, kita dituntut untuk mencintai lingkungan dengan melakukan diet plastik. Sebenarnya tak sulit untuk mengurangi penggunaan plastik saat traveling. Kamu bisa menyiasatinya dengan membawa barang-barang yang bisa menggantikan fungsi plastik itu sendiri. Mungkin terkesan lebih merepotkan, namun cara ini dinilai tepat untuk mengurangi penggunaan plastik. Lantas, barang-barang nonplastik dan ringan apa saja yang bisa dibawa saat traveling? Berikut ulasannya.

1. Tumbler

Hobi traveling memang semakin diminati oleh banyak orang apalagi kini terbang makin murah dan mudah dengan banyaknya promo yang bertebaran di media sosial. Ini artinya jumlah plastik yang dihasilkan pun akan semakin banyak selama para traveler belum mencoba diet plastik. Nah, jika kamu adalah traveler yang peduli lingkungan, cobalah untuk membawa tumbler ke mana pun kamu pergi.

Penggunaan tumbler atau botol minuman yang dapat digunakan berkali-kali ini nyatanya dapat menekan angka botol plastik kemasan. Selain mengurangi penggunaan plastik, membawa tumbler ketika bepergian juga dapat menghemat pengeluaran untuk membeli minuman kemasan. Untuk itu, selalu penuhi tumbler kamu sebelum memulai perjalanan. Kamu bisa mengisinya di hotel atau tempat kamu menginap.

2. Kantong belanja

Bawa tas belanja yang ramah lingkungan saat liburan adalah hal penting. Selain dapat menghemat penggunaan kantong plastik, tas lipat juga bisa dimanfaatkan untuk membawa sejumlah oleh-oleh. Maka dari itu, bawalah kantong belanja yang bisa dilipat atau biasa disebut foldable bag. Bentuknya yang bisa dilipat akan memudahkan kamu saat membawanya.

3. Tempat makan

Traveling dan wisata kuliner adalah dua hal yang tak bisa dipisahkan. Mencicipi kuliner khas suatu daerah saat sedang bepergian ke tempat baru tentu jadi agenda wajib yang tak boleh dilewatkan. Apalagi kalau daerah yang kamu kunjungi punya ragam streetfood yang menggoda. Dijamin kamu akan merasa puas dengan jajanan enak tersebut.

Namun sayangnya, para penjual streetfood di berbagai daerah masih tak bisa lepas dengan penggunaan styrofoam dan plastik sebagai wadah makanan. Supaya tidak menambah sampah plastik, jangan lupa untuk selalu membawa tempat makan. Tempat makan ini bisa kamu gunakan sebagai pengganti styrofoam. Bawalah setidaknya dua tempat makan yang bisa dilipat setiap kali kamu traveling.

4. Sendok dan garpu

Saat membeli makanan kaki lima, kamu mungkin sering mendapatkan sendok plastik dari pedagang. Jika tak ingin mengotori bumi tercinta dengan sampah sendok plastik, bawalah sendok sendiri. Bila sendok dan garpu makan di rumah dirasa kurang efektif untuk dibawa saat bepergian, kamu bisa membeli sendok dan garpu lipat khusus traveling yang kini marak dijual di pasaran. Dengan membawa sendok dan garpu sendiri berarti kamu sudah berpartisipasi untuk diet plastik.

5. Sedotan stainless steel

Meski bukan kebutuhan penting saat traveling, tak ada salahnya untuk membawa sedotan stainless steel ketika traveling. Sedotan jenis ini bisa menghemat penggunaan sedotan plastik karena bisa digunakan berulang kali. Perlu kamu ketahui kalau sedotan plastik adalah penyumbang sampah plastik terbesar di Indonesia.

Oleh sebab itu, hentikan kebiasaan buruk menggunakan sedotan plastik dan mulailah menggunakan sedotan stainless steel. Biasanya, saat membeli sedotan stainless steel, kamu juga akan sekalian mendapatkan sikat pembersihnya sehingga memudahkan kamu dalam membersihkan bagian dalam sedotan.

Jadi, barang ramah lingkungan apa saja yang sudah kamu punya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *